Ternyata Bahan-bahan ini Mampu Menghilangkan Bau Cat

Bagaimana cara cepat menghilangkan bau cat yang tajam?

Tentu saja mengecat rumah merupakan bagian yang umumnya hendak dilakukan oleh banyak orang, terlebih bagi Anda yang baru saja membangun sebuah rumah. Banyak alasan mengapa kita mau mengecat rumah, di antaranya tentu agar rumah tampak enak dipandang. Nah, tapi, kadang-kadang mengecat juga dapat membuat ruangan jadi pengap oleh karena bau cat itu, terutama cat yang bukan untuk dinding. Saya sendiri pernah merasakannya; bau cat tersebut bisa lengket hingga satu minggu penuh.

Tapi saya baru-baru ini menemui artikel dari situs majalahasri.com yang menguak trik sederhana agar bau cat bisa, setidaknya, lebih cepat dihilangkan ketimbang hanya membuka jendela, pintu, atau pun mengandalkan celah ventilasi saja. Bagaimana trik itu? Kita terlebih dahulu mesti punya beberapa bahan-bahan ini:

Nanas

Siapa sangka, ternyata buah nanas, seperti yang tertera dalam artikel itu, "dapat menyerap bau cat tembok yang menyengat". Caranya gampang, yaitu hanya meletakkan buah nanas di sisi bagian obyek yang mau dicat. Menurut artikel itu, "tidak hanya bau nanas (yang) akan menyegarkan ruangan, bau cat juga akan hilang."

Jeruk dan Lemon

Setahu saya lemon memang buah yang sangat berguna; buat tenggorok serak bisa buat perawatan kulit pun bisa. Tapi mengetahui bahwa kedua buah citrus ini--yang memang memiliki bau segar--mampu menghilangkan bau cat adalah hal baru untuk saya pribadi. Nah, caranya jauh lebih gampang dari nanas, yaitu kita hanya perlu meletakkan buah-buah tersebut di tengah ruangan.

Bubuk Kopi dan Vanilla

Sebagaimana yang kita tahu, kopi dan vanilla memiliki aroma khasnya masing-masing. Untuk menghilangkan bau cat dengan kopi dan vanilla caranya adalah dengan mencampurkan serbuk kopi dan vanilla ke dalam mangkuk (atau wadah lainnya), lalu aduk hingga rata, kemudian taruh mangkuk tadi di sudut-sudut ruangan.

Air Cuka

Sifat cuka yang asam juga bisa menetralisir bau cat. Caranya dengan menuangkan cuka secukupnya ke sebuah wadah seperti mangkuk atau piring. Setelahnya letakkan wadah tadi di tengah ruangan.

Semoga bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...