Ching Yun Bezine - Sungai Lampion (River of Lanterns)


SUNGAI LAMPION
© Ching Yun Bezine, 1993
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih bahasa: Kathleen SW





Sinopsis

Dua wanita dengan dua jalan berbeda, di negeri yang tengah bergolak.
        Peony, gadis desa dengan semangat membara. Tak peduli akan bahaya, ia bergabung bersama seorang pimpinan pemberontak dengan ambisi menyala yang membuatnya menjadi sosok licik dan kejam, seperti musuh-musuhnya.
        Lotus, gadis cantik dari keluarga bangsawan. Ayahnya memanfaatkannya sebagai pion dalam suatu permainan curang dan penuh keserakahan. Ia melarikan diri dan menikah dengan seorang pria yang baik - terlalu baik untuk bisa bertahan di masa penuh kejahatan tak terkendali.
        Berlatar belakang Cina di abad ke-14, di tengah masa-masa penuh pergolakan dan perebutan kekuasaan, kisah ini bercerita tentang nasib suatu negara besar serta lahirnya sebuah dinasti baru - Dinasti Ming – yang mengakhiri kekuasaan bangsa Mongol di Cina.


Untuk suamiku Frank Bezine:
Seandainya Giacomo Puccini mengenal kita,
Ia akan menciptakan Kupu-kupu yang berbeda.

Untuk editor saya Audrey LaFehr:
Saya membutuhkan Anda dan kacamata saya;
Keduanya untuk mewujudkan khayalan saya.

Untuk agen saya Richard Curtis:
Anda mendorong saya dari mula,
Ke arah yang makin tinggi - jangan berhenti!

Untuk editor saya yang lain John Paine:
Kita belum pernah berjumpa,
Namun bantuan Anda ada di setiap baris dalam buku ini.



CATATAN PENGARANG

KISAH ini terjadi pada abad keempat belas. Banyak nama kota telah berubah sejak enam ratus tahun yang lalu. Misalnya, Da-du sekarang menjadi Beijing, dan Yin-tin menjadi Nanjing. Semua tokoh Cina diberi nama dalam bahasa Inggris - beberapa di antaranya telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia - untuk memudahkan pengucapan.

Ini adalah novel sejarah; potret pohon persik yang sebenarnya berakar di Cina. Namun cabang-cabangnya telah dilengkung-lengkungkan menjadi suatu bonsai yang indah, dan gerumbulan daunnya dipercerah oleh sapuan seorang seniman.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...